Meeting Penyusunan Rencana Kerja Fisheries Improvement Program (FIP) perikanan udang di Kotabaru

 

Konsep perikanan ramah lingkungan memiliki ruang lingkup cukup luas diantaranya memastikan keberlanjutan pemanfaatan sumberdaya perikanan yang ada. Hal ini sudah menjadi isu penting dalamkegiatan usaha perikanan tangkap. Salah satu upaya WWF Indonesia dalam mendukung adanya praktik perikanan tangkap yang berkelanjutan adalah dengan Seafood Savers. Inisiasi Seafood Savers ini merupakan gabungan dari para pelaku usaha perikanan untuk menuju perikanan Indonesia yang berkelanjutan. Dengan mengacu kepada prinsip-prinsip perikanan berkelanjutan dari Marine Stewardship Council (MSC).


Sehubungan dengan skema Seafood Savers, PT. Sekar Laut yang merupakan anggota Seafood Savers berencana untuk mengimplentasikan Program Perbaikan Perikanan (FIP) di Kotabaru. Mengingat Kotabaru merupakan salah satu lokasi supplier udang bagi Produk olahan PT. Sekar Laut. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, WWF Indonesia bersama PT. Sekar Laut akan mengadakan Meeting Penyusunan Rencana Kerja Fisheries Improvement Program (FIP) Perikanan Udang di Kotabaru Bersama Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru serta Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Selatan, serta seluruh stakeholder yang terlibat dalam Perikanan udang tangkap di Kotabaru. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tangal 18 September 2017, bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.


Hasil atau Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya rencana kerja FIP yang mencakup rencana aksi dan pembagian peran kerja di dalamnya. Selain itu terdapat juga dukungan dan kesepahaman antara PT. Sekar Laut dengan Stakeholder di Kotabaru terkait Program Perbaikan Perikanan komoditas udang di Kotabaru, Kalimantan Selatan yang tertuang pada Nota Kesepakatan.